Dulu Merancang Software Tuh Pake Ini! - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, November 12, 2017

Dulu Merancang Software Tuh Pake Ini!

[Feri Sulianta] Yang tertarik koding tentu tau kenapa perlu perancangan dan permodelan sebelum membuat aplikasi dengan programming. Hal ini ditujukan untuk:
  • Menjadi acuan dalam mendokumentasi serta mempelajari sistem informasi yang dibangun.
  • Memelihara kemutakhiran sistem informasi.
  • Menjadi dasar dalam membangun sistem informasi baru dikemudian hari seandainya sistem informasi yang terdahulu sudah ketinggalan jaman(out-of-date).
  • Membangun sistem informasi yang tepat sasaran, efektif, efisien dan berkualitas.
Model flowmap

Hanya saja, orang pada masanya membuat rancangan sistem informasi dilakukan dengan menggunakan penggaris dan pensil, yang umumnya seperti membuat alur dan menggambar dengan bentuk-bentuk geometris. Ini contoh penggaris yang digunakannya:
Penggaris yang digunakan pada era 980-an dalam memodelkan sistem informasi

Pada tahun 1980-an IBM flow charting template seperti pada gambar di atas digunakan dalam memodelkan proses bisnis sistem informasi secara fisik pada kertas. Sekarang ini memodelkan proses bisnis sudah dapat ditangani dengan adanya perangkat lunak khusus permodelan sistem informasi yang cocok dengan ragam metode pengembangan sistem informasi.
Bukan eranya lagi membuat proses bisnis sistem informasi tanpa perencanaan matang, minim dokumentasi atau hanya menggunakan cara-cara manual pada berlembar-lembar kertas, menggunakan penggaris flowchart, menggunakan aplikasi olah kata atau menggunakan tool grafis sederhana.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here