Apakah Kamu Mengalami Computer Vision Syndrome? - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, January 19, 2018

Apakah Kamu Mengalami Computer Vision Syndrome?


Computer vision syndrome (CVS) adalah masalah yang dihadapi orang-orang yang banyak menghabiskan waktu bekerja berjam-jam setiap harinya di depan layar komputer.
Dalam beberapa kasus, kacamata khusus dapat membantu Anda melihat lebih nyaman ke layar komputer. Kacamata bantu lihat seperti kacamata minus atu plus memang bisa menangkal radiasi dalam porsi tertentu, tetapi tidak akan seefektif jika anda menggunakan kacamata khusus sewaktu harus bekerja dengan komputer dalam jangka wakatu yang lama.
Penggunaan lensa kacamata khusus untuk kebutuhan bekerja menggunakan komputer pun terus disempurnakan, misalnya dengan menggunakan bahan lensa polikarbonat dengan lapisan yang unik yang mampu meredam silau cahaya monitor komputer serta memfiltrasi sinar berbahaya yang berasal dari monitor. 
Kombinasi dari coating pada kacamata anti glare memungkinkan pengguna untuk melihat monitor komputer dengan kelembutan dan kontras antara warna seperti sebelumnya. 
 Computer Vision Syndrome (Sumber: http://news.mit.edu/sites/mit.edu.newsoffice/files/styles/og/public/images/2013/20130402133824-0.jpg)
Dengan kacamata seperti ini anda akan terlindungi dengan serangan terus-menerus dari sinar berbahaya dari semua monitor komputer.
Kacamata anti glare (anti silau)

Selain alat bantu untuk meredap ketegangan dan radiasi pada mata, beberapa aktivitas memandang objek non digital ( lansekap, pepohonan, gedung perkantoran) sebelum bekerja didepan komputer atau disela-sela aktivitas sangat membantu dalam memelihara kenyamanan mata.
Secara alamai tubuh dapat mengakomodasi mata dengan berbagai respon yang menyegarkan, seperti berkedip atau menguap, secara tidak lasnguang mata memproduksi air mata untuk membantu melembabkan dan melumasi mata. Melihat objek dengan cahaya alami (sinar matahari pagi) mampu menyegarkan mata termasuk juga sewaktu melihat objek-objek yang jauh seperti pegunungan atau pepohonan, mampu menyegarkan mata secara alami.
Anda dapat melakukan kegiatan yang  mudah dan murah untuk memelihara kesehatan mata. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan :
Cara pertama – relaksasi mata :
1.      Duduk dengan nyaman di depan meja
2.      Istirahatkan siku kedua siku yang ditopang permukaan meja, hingga anda dapat memegang mata dengan mudah dan nyaman.
3.      Tutup mata Anda dengan menangkupkan telapak tangan Anda untuk menutup semua cahaya yang mengenai mata. Lakukan tanpa menekan bola mata.
4.      Bernapaslah perlahan dan teratur, santai dan membayangkan keadaan  dalam gelap.
5.      Lakukan hal ini selama 10 menit, dengan rentang waktu dua atau tiga kali sehari.
Cara kedua – Olahraga mata :
1.      Santai dan menjaga mata tetap bergerak
2.      Berdiri dan fokus pada titik jauh, biarkan mata berayun lembut dari sisi ke sisi.
3.      Ulangi 100 kali sehari, gerkan dapat dilakukan dengan berayun dan berkedip.
Catatan : Berkedip membersihkan dan meminyaki mata, aktivitas ini penting karena Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer apalagi di ruangan ber AC.
Cara ke tiga – Bermain warna :
1.      Memilih warna yang ingin anda lihat, lalukan dengan pilihan warna berbeda setiap harinya
2.      Ekspoloras objek-objek jauh dan temukan warna-warna itu.
3.      Fokus pada warna dan bukan bentuk objeknya, misalnya warna hijau dan bukan objek pohon.
Catatan : melihat warna biru baik untuk mata, unsur biru langit menberikan kenyamanan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here