[Feri Sulianta] Keyboard adalah komponen input yang paling sering disentuh, saking seringnya digunakan dan diletakkan di ruangan, tidak jarang noda, remah makanan, debu bahkan kuman pun bersarang pada keyboard yang kotor. Penting loh untuk membersihkan keyboard dengan seksama, kalau kamu tidak mau keybord kamu jadi sumber penyakit.

Referensi pihak ketiga: http://cdn.hiconsumption.com/wp-content/uploads/2012/08/Logitech-Waterproof-Washable-Keyboard.jpg
Perhatikan langkah membersihkan keyboard supaya bersihnya maksimal. Cabut terlebih dahulu kabel keyboard yang menempel pada CPU :
Gunakan blower untuk menyingkirkan  semua kotoran yang ada dan tersembunyi disela-sela keyboard [Pemilik hak cipta: Ferisulianta]

Gunakan blower untuk menyingkirkan semua kotoran yang ada dan tersembunyi disela-sela keyboard.

Menyeka dengan lap basah [Pemilik hak cipta: Ferisulianta]
Jika perlu kamu dapat menyeka keyboard kembali dengan lap kering. Jangan sekali-kali menyemprotkan cairan pembersih langsung pada keyboard.
Melepaskan tuts keyboard[Pemilik hak cipta: Ferisulianta]
Merendam tuts keyboard [Pemilik hak cipta: Ferisulianta]
Jika kotoran yang melekat pada keyboard sulit dihilangkan, bahkan bila keyboard terkena tumpahan makanan atau minuman, cara paling efektif yaitu dengan melepaskan tuts atau tombol keyboard. Kamu dapat mencabut tombol-tombol keyboard tersebut dengan menggunaan obeng, dan tekan keatas dengan lembut hingga tombol keybaord terlepas.
Rendam tuts keyboard dalam air sabun yang hangat-hangat kuku, biarkan beberapa menit dan sikat perlahan dengan sikat lembut, misalnya menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Setelahnya, bilas dan keringkan, tuts sudah bisa dipasangkan kembali.

Vacuum cleaner mini untuk membersihkan keyboard dan area sekitar PC [Pemilik hak cipta: Ferisulianta]

Sebenarnya banyak cara dan banyak peralatan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan keyboard. Kalau kamu punya uang berlebih, membeli vacuum cleaner mini yang dicolokkan ke port USB, akan memudahkan kamu membersihkan keyboard (terutama keybord laptop).
Lingkungan sekitar sudah bersih, masak keyboard dibiarkan jadi sarang penyakit? Selamat bersih-bersih yah. Kasih tau juga ke teman-teman kamu cara membersihkan keyboard yang benar :)