Bahasa pemrograman terbaru yang bernama Go (sering disebut sebagai golang atau Go Language) adalah bahasa pemrograman yang dibuat di Google pada tahun 2009 dengan tim yakni Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Bahasa pemrograman dengan logo hamster imut ini, termasuk Compiler dan fitur lainnya bersifat opensource dan tentu saja gratis. Jadi kamu bisa saja memodifikasi bahasa pemrograman kalau kamu mau.
Referensi pihak ketiga
Yang menjadi pemicu dibuatnya Go Lang ini tercetus berdasarkan eksperimen insinyur Google, yakni Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson yang menjawab beberapa kelemahan bahasa pemrograman lainnya semisal Bahasa C, dimana Googlang ini terbilang mudah dibaca, dapat diskalakan ke sistem besar (seperti Java dan C ++), tidak terlalu banyak kata-kata atau sintaks pemrograman yang harus ditulis berulang-ulang, juga tergolong ringkas, sederhana, aman, tidak memerlukan lingkungan pengembangan terpadu, bekerja baik pada lingkungan jaringan komputer dan multiprocessing. Selain itu proses kompilasi Go Lang menjadi aplikasi, terbilang cepat.
Referensi pihak ketiga
Referensi pihak ketiga
Bahasa itu ini dapat diimplementasikan pada berbagai platform termasuk Linux, OS X, Windows, berbagai versi BSD dan Unix, dan juga perangkat mobile. Go versi 1.0 dirilis oleh Google pada bulan Maret 2012. Banyak fitur yang ada pada Go Lang, kamu bisa membuat aplikasi berbasis web yang lengkap cukup dengan Go Lang, karena didalamnya sudah terintegrasi routing, server, templating, dan lain sebagainya. Go Lang memiliki web server khusus di dalamnya, berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang servernya terpisah dan perlu di-instal secara mandiri. Misalnya saja PHP yang memerlukan Apache, atau .NET yang memerlukan IIS. Ringkasnya dengan Go Lang, kamu tinggal instal dan pakai saja.
Orisinil
Nah, kalau kamu penasaran dengan Go Lang, salah satu situs yang didedikasikan untuk kontributor dan mereka yang ingin mencicipi Go Lang bisa mengaksesnya via golang.org. Kamu bisa mengisipkan script pemrograman Go Lang dan lihat hasilnya.
Referensi pihak ketiga