[Feri Sulianta] Menjadi programmer masa kini, ga harus sendirian mengkoding koq. Seiring berkembangnya teknik membangun aplikasi, maka munculah teknik pengembangan Sistem Informasi dengan metode Extreem Programming
Metode Extreme Programming (XP) adalah metode pengembangan sistem yang responsif terhadap perubahan, bahkan disaat sistem yang dibuat hampir rampung masih diperbolehkan untuk berubah dan dimodifikasi.
Kekuatan dari metode ini adalah komunikasi antara sistem analis dan pengguna atau pemilik, dan ada lima nilai dasar yang penting dan menjadi langkah kerja para timnya yakni: Komunikasi (Communication), Kesederhanaan (Simplicity), Umpan balik (Feedback) Keberanian (Courage) dan Saling menghormati (Respect).


Programmer melakukan pair programming (Sumber: Wikipedia Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 – Lisamarie Babik)
Atas dasar inilah maka, pengembangan suatu sistem yang lebih feksibel terhadap perubahan dimungkinkan. Tidak memubtuhkan tim yang besar pada XP, dan salah satu keunikan XP yakni adanya kerja kelompok yang dinamakan pair programming, dimana dua orang programer saling bekerjasama di komputer yang sama untuk menyelesaikan sebuah modul sistem, disinilai respek antar tim sangatlah penting.
Metode ini cocok diimplementasikan pada sistem yang terbilang kecil – menengah, kebutuhan sistem yang kerap mengalami perubahan cepat, resiko tinggi. Metode XP cocok dikembangkan dan dimodelkan dengan permodelan berbasis objek.