[Feri Sulianta] Meskipun kamu penggemar IT, dipastikan Kamu belum pernah mencoba Sistem Operasi ini, yang dinamakan Sistem Operasi Amoeba.

Sekilas perihal sistem operasi ini, ditujukan guna menciptakan sebuah sistem operasi dengan arsitektur jaringan komputer yang akan mengintegrasikan semua komputer dan prosesor kepada pengguna seolah-olah itu adalah mesin tunggal.
Antrarmua berbasis command line interface pada amoeba [http://amoebaos.org/images/editor-uploads/scrollbar-demo-1.png]
Secara topologi akan terlihat bahwa jaringan Amoeba terdiri dari sejumlah workstation yang terhubung ke kumpulan prosesor yang disebut dengan "kolam" prosesor, dan menjalankan program dari terminal dan pekerjaan didistribusikan pada kolam prosesor tersebut.
Topologi Sistem Operasi Amoeba [http://fsd-amoeba.sourceforge.net/images/arch.GIF]
Amoeba adalah sistem operasi berbasis mikrokernel. Ini menawarkan program multithread dan mekanisme panggilan prosedur jarak jauh (RPC) lintas jaringan. Sebagai sistem operasi, Amoeba lebih cepat, lebih ringkas dan lebih praktis terlebih dilengkapi antarmuka grafis Sistem X Window yang membuatnya mudah diakses dan berdaya kemampuan luar biasa. Semakin banyak komputer atau prosesor yang terintegrasi kedalam Amoeba, maka kekuatan komputasinya semakin dasyat. Hebatnya lagi, semua perangkat apapun termasuk komputer 'jadul' atau gadget bekas yang memiliki komponen pemrosesan atau prosesor dapat diintegrasikan ke Amoeba untuk menambah daya komputasi.
Tertarik coba Sistem Operasi ini? Anda harus membangun terlebih dahulu jaringan komputer dan mulai mengumpulkan komputer bekas, handphone bekas pun bisa dipakai loh!