Beginilah Sejarah Batu Mulia - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 9, 2017

Beginilah Sejarah Batu Mulia



[Feri Sulianta] Berbagai batu yang dinilai berharga saat ini sebenarnya sudah digunakan sejak lama sebagai material yang memiliki nilai estetis. Hal ini dikarenakan material demikian banyak didapat dan mudah dibentuk atau ditempa. 

 

Berlian (Diamond) Oleh: Mario Sarto
Batu berharga atau batu mulia yang dalam bahasa Inggris dikatakan sebagai gemstone memaksudkan bongkahan krital mineral yang melalai proses pemotongan (cutting), pemoleas (polish) yang kemudian ijadikan ornamen atau perhiasan. 
 

Golden funeral mask of king Tutankham, Lapis lazuli  digunakan sebagai alis pada firaun muda Foto oleh: Jon Bodsworth
 Pada dasarnya istilah precious stone, semi precious stone, berbagai bebatuan (misal: lapis lazuli) dan juga material organik (fosil kayu, getah pohon  atau binatang karang) yang dijadikan perhiasan kerapkali disebut sebagai batu berharga ( atau gemstones).


Meskipun pada umumnya batu berharga memiliki tingkat ketahanan tinggi (keras), beberapa mineral yang dikategorikan rapuh pun digunakan sebagai perhiasan karena keindahannya.
Jika pada jaman dahulu pembeda harga suatu batu mulia ditentukan pada jenis batu dan kuantitasnya di alam, ternyata tidak demikian hal nya kini. Klasifikasi bebatuan digolongkan pada tingkat kerjernihan den ketahannnayanya. Dan apa yang sudah digariskan terhadulu ternyata tidak lagi berlaku sepenuhnya pada masa kini, misalnya saja garnet yang umumnya murah, tetapi jika jenis green garnet yang diperbandingkan maka harganya bisa dikatakan lebih bernilai dibandingkan dengan emerald.
Dewasa ini ahli bebatuan atau gemologist mendefinisikan batu mulia berdasarkan komposisi kimianya, misalnya berlian atau diamond terbentuk dari unsur Karbon (C), sedangkan   batu Rubi juga Safir tersusun dari Alumunium Oksida (Al2O3), Quartz atau Kuarsa (SiO2)

Mau tau lebih banyak tentang batu mulia? Klik disini

Post Top Ad

Responsive Ads Here