Setiap perangkat memiliki colorimetrik, yakni standar intensitas warna. Pakem ini dapat mengalami penyimpangan dari waktu ke waktu yang memunculkan problem, misalnya: image yang sama terlihat berbeda jika dilihat di layar monitor yang lain. Penyimpangan warna akan membuat warna terlihat lebih gelap lebih terang, atau membiru, bahkan resolusi file yang baik pun akan terlihat buruk.
Referensi pihak ketiga (https://id-live-03.slatic.net/p/2/lg-2234-led-full-hd-monitor-tv-hitam-model-22mt48af-1457436434-4263975-1.jpg)
Nah, kamu bisa mengecek apakah monitor kamu mengalami penyimpangan warna. Caranya relatif mudah, cukup dengan mengamati sampel Digital Image Testing pada gambar di bawah ini. Informasi gambar ini sudah sempurna untuk memetakan ragam informasi keperluan kalibrasi, tingkat kelabu, tingkat warna RGB tergradasi, ketajaman.

Pemilik hak cipta: Ferisulianta (Image untuk Digital Image Testing)
Pengecekan ini cukup dilakukan dengan memastikan kealamiah-an image,yakni:
  1. Apakah didapat palette warna paling putih, palette warna paling hitam.
  2. Gradasi tingat kelabu yang ditampilkan sempura (tingkat kelabu netral).
  3. Memperlihatkan tonal warna kulit sempurna.
  4. Gambar pada landscape memiliki warna alami (karena image sengaja diambil untuk memperlihatkan kondisi natural).
Gampang kan? Nah apakah layar monitor kamu sudah menampilkan komposisi warna yang semestinya? Kalau ya, kamu bisa berinternet untuk menambah pengetahuan dan informasi terkini dengan nyaman, tanpa distorsi warna monitor.