Kenapa Perlu Mempertimbangkan Taman Xeriscape - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, January 23, 2018

Kenapa Perlu Mempertimbangkan Taman Xeriscape

Pertanyaan pertama yang mungkin muncul sewaktu mempertimbangkan sebidang tanah sisa dalam rancang rumah seseorang adalah untuk apa? Jika seseorang memutuskannya untuk membuat taman, mengapa? Mengapa tidak menutupnya saja dengan pavingblock atau memplesternya.

Xeriscape ( Sumber: http://www.mwlandscape.com/wp-content/uploads/2016/01/xeriscape_landscaping_drought_planting_tustin.jpg)



Berbagai alasan dapat dipertimbangkan untuk menghadirkan sebuah taman di rumah atau di sebuah lingkungan:
-         Taman dapat menjadi sarana rekreasi keluarga; sebuah taman dapat menghadirkan kesejukan di tengah-tengah kepenatan aktifitas kita.
-         Sarana relaxasi dan perenungan; taman dapat menjadi pembuktian gaya hidup yang bercitarasa.
-         Taman menjadi “paru-paru” dan berguna untuk menyerap zat-zat berbahaya dari polutan di udara, sehingga menunjang lingkungan  yang sehat.
Catatan: Tahukah Anda, tanaman Xeriscape mampu secara aktif menyerap radikal bebas dan menyediakan udara bersih sepanjang waktu.
Tetapi bagi beberapa orang memiliki taman berarti bertambahnya pengeluaran baik waktu atau biaya untuk merawatnya. Hidup di dunia yang serba cepat dewasa ini menyisakan sedikit sekali waktu khususnya untuk aktifitas-aktifitas lain yang ‘kurang penting’ walaupun itu sehat, digemari dan menjadi hobi seperti berkebun.  
Namun jika pada akhirnya memutuskan untuk membuat taman, tidak soal untuk tujuan apa taman itu digunakan, memilih bertaman ala xeriscape merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk mereka yang memiliki sumber daya terbatas.  Mengapa? Pertimbangkan fakta berikut:
-         Program penghematan air
Salah satu negara bagian Amerika Serikat yakni Kalifornia merupakan satu contoh daerah  yang ‘terselamatkan’  oleh program xeriscape. Daerah ini telah lama mengalami problem kekurangan air yang diperparah dengan meningkatnya permintaan akan suplay air karena pemukiman yang berkembang. Program xeriscape berhasil menghemat pemakaian air  secara drastis.
Di hampir semua negara, lebih dari 50%  penggunaan air di daerah pemukiman digunakan untuk kebutuhan taman dan menyiram rumput. Xeriscape dapat mengurangi pemakaian air tersebut hingga 70% bahkan lebih.
Jelaslah xeriscape mampu membuat penghematan yang luar biasa dalam penggunaan air. Kalau menghemat harus menjadi kata ‘wajib’ untuk anda oleh  karena berbagai keterbatasan, xeriscape menjadi alternatif yang tepat.
-         Xeriscape dapat mengurangi sumber daya yang digunakan untuk pemangkasan dan perawatan yang dapat anda alihkan untuk mengurus kegiatan lain yang lebih penting.
Hampir tidak dibutuhkan jasa tukang kebun untuk merawat taman, xeriscape dapat menghemat rupiah yang anda keluarkan untuk memelihara taman agar sedap dipandang.
Dibandingkan jenis-jenis lanskap tradisional, terobosan lanskap xeriscape paling sedikit membutuhkan perawatan khususnya dalam pemangkasan. Perubahan apapun yang terjadi pada taman berlangsung dalam waktu yang sangat lambat.  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here