Apakah Ergonomik Itu? - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, January 22, 2018

Apakah Ergonomik Itu?

Ergonomik atau dalam bahasa Inggris disebut ‘Ergonomic’ adalah bidang keilmuan dalam merancang pekerjaan, peralatan, dan mencakup pula lingkungan tempat bekerja yang nyaman bagi para pekerja.
Sebuah organisasi bernama The International Ergonomics Association (IEA), federasi dari empat puluh dua organisasi individu bidang ergonomik di seputar dunia menjadi oranisasi yang  mengakselerasi  kemajuan bidang ilmu ergonomik. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan berbagai kemajuan di bidang ergonomika.
The International Ergonomics Association mendefiniskan kata ergonomic sebagai berikut :
(1)   Bidang keilmuan yang mempelajari interaksi manusia dengan elemen-elemen sistem, berbagai teori dan metoda diterapkan dalam mengoptimasi kinerja dan performasi sistem secara keseluruhan.
(2)   Ergonomik diterapkan untuk memenuhi dua tujuan utama yaitu : kesehatan dan produktivitas.

Ergonomik tidak terlepas dengan pekerja, aktifitas pekerja dan juga pekerjaannya, ketiga komponen ini menjadi unsur penting dalam rancangan ergonomik.
Sebelum kita membahas ‘ergonomik’ lebih dalam, perhatikan berbagai perangkat, aktivitas pekerja dan peralatan yang digunakan  semuanya dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan sewaktu beraktivitas. Inilah produk nyata dari penerapan ilmu Ergonomika.

 Perangkat kantor ergonomik
Desain meja kerja seperti pada Gambar di atas memungkinkan para pekerja dapat berkolaborasi dengan mudah satu dengan yang lain, ruang gerak di desain se-efisien mungkin dan semua peralatan kantor dapat di simpan dan diakses dengan mudah.

Ruangan yang dirancang sangat ergonomik
Perhatikan lekuk meja yang memberikan ruang-ruang gerak, penyangga LCD Monitor yang meminimalisir kebutuhan ruang, lekuk kursi yang mengikuti lekukan tubuh manusia, pencahayaan ruang yang nyaman untuk mata dan beraktivitas di depan komputer. 

Berbagai perangkat ergonomik  input komputer
Berbagai perangkat input seperti papan keyboard yang dapat di ‘split’, mouse yang mengikuti struktur tangan manusia, dan perangkat input lain yang didesain tanpa siku, membuat kita terasa nyaman memegang dan menggunakannya berjam-jam.


BlackBerry Curve 8500
Perhatikan pula gambar di atas perihal desain BlackBerry Curve 8500, dengan layar lebar, key pad dengan komposisi QWERTY (model susunan keyboard) , dibuat dari material yang mudah digenggam dan nyaman dengan desain fisiknya yang tanpa siku.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here