[Feri Sulianta]  Flashdisk adalah media penyimpanan praktis dengan kapasitas besar, kamu bisa menyimpan berbagai macam file teks, gambar dan audio video berukuran besar hingga ber-giga byte.
Referensi pihak ketiga: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVTpr_veCkwkGeLDnbXrxEnuGD_Uu72gDN7YNOidFmKQSNzYmDAJ2yGJmPOK9Qq5JKdBfL7oR2Wjst1mIHSkZ1Nlvm-ddidTgC_baf6Y1aQLSezVHSyKbsxkKrKg9DxxFrvE7L-vXVhdM/s1600/Buat+Instalasi+Windows+dari+USB+Flashdisk%252C+gunakan+aplikasi+berikut.jpg
Hanya saja, kendala yang sering muncul sehubungan penggunaan Flashdisk yakni infeksi virus komputer. Hal ini dikarenakan seringnya perilaku tukar menukar Flash Disk.
Pemilik hak cipta: Ferisulianta
Langkah efektif yang sering dilakukan untuk kasus ini adalah melakukan format media penyimpanan yang akan mengkonfigurasi ulang isi dari media penyimpanan, termasuk menghapus virus komputer di dalamnya. Dalam kasus ini, ada dua opsi format yang dapat digunakan:
· Quick Format: ditujukan untuk menghapus semua file yang ada pada USB Flash tanpa melakukan scan sektor drive.
· Full Format: ditujukan untuk menghapus semua file yang ada pada USB Flask dan sekaligus melakukan scan sektor drive, hal ini bermanfaat seandainya ada bad sektor. Seseorang dapat segera melakukan backup file berganda untuk menghindari resiko kerusakan file pada flash disk yang teridentifikasi bad sektor. (Bad sektor: area penyimpanan yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi).
Full Format membutuhkan waktu lebih lama dan jika tujuannya adalah mengosongkan flash disk saja (termasuk menghapus virus) maka quick format merupakan solusi efisien karena kecepatannya melakukan eksekusi format.
Pemilik hak cipta: Ferisulianta
Catatan:
  • Setiap media USB Flash Disk memiliki masa pakai, yang biasanya dibatasi dari jumlah baca tulis yang terjadi (per juta kali aksi baca tulis). Hal ini pun berpengaruh pada seberapa sering kamu melakukan format.
  • Kamu dapat mencabut USB Flashdisk tanpa harus melakukan prosedur eject media jika tidak ada file pada Flash disk yang dibuka atau diakses.
  • Tanpa mengikuti mekanisme mencabut USB Flash disk yang benar, flash disk kamu bisa terkena bad sektor.