Selain virus, worm dan sejenisnya, program berbahaya atau unwanted program ini termasuk diantaranya adalah program-program yang diinstal pada komputer yang kemudian menjadi ancaman terhadap sistem komputer.
Referensi pihak ketiga Sumber: http://pctechguides.com/wp-content/uploads/2016/06/clean-slow-Windows-computer-notebook-laptop-from-malware-spyware-viruses-worms-and-trojans.png
Pengkategorian unwanted program (program yang tidak diinginan yang muncul dan mengganggu pengguna komputer) cenderung meluas, bahkan virus dan sejenisnyapun dikategorikan pada unwanted program. Tetapi kali ini unwanted program dimaksudkan pengkategorian malware jenis baru yang muncul seiring dengan berkembangnya internet dan berbagai fitur baru yang ada pada program-program mengganggu, antara lain:
  • Pornware: redirected pay-per-view website berbau pornografi
  • Riskware: tool administrasi sistem yang beresiko terhadap ekploitasi keamanan  sistem.
  • Browser Helper Object (BHO): redirect web browser dan modifikasi toolbar pada web browser.
  • Exploit: program yang mendapatkan keuntungan dengan adanya kelemahan sistem. Trojan dengan karakteristik tertentu kadang digolongkan kedalam exploit.
  • Denial of Service (DoS) / Flooder: mengirimkan sejumlah besar data  untuk menggangu dan mengacaukan server atau jaringan komputer.
Referensi pihak ketiga (Sumber: https://3c1703fe8d.site.internapcdn.net/newman/csz/news/800/2015/logjamisntth.jpg)
Unwanted program menjadi ancaman yang terus berlipat ganda seiring menggunakan internet dan jaringan komputer. Gejalanya pun beragam, seperti bobolnya sistem keamanan, hilangnya kontrol sistem, sejumlah tagihan yang tidak terduga besarnya approval pemiliknya,  hilangnya data-data berharga, kehabisan media penyimpannan, penggunaan sumberdaya sistem tanpa disadari oleh user, menurunnya performasi sistem, komputer crash dan masih banyak lagi.
Program-program yang terinstal akan sangat sulit dihilangkan jika hanya mengandalkan prosedur uninstal standar
Ternyata Banyak Juga Kan Program Pengacau Selain Virus.