[Feri Sulianta] Sewaktu kamu mengakses registry windows, kamu sebenarnya sedang menjelajah jantung dari sistem operasi. Dan umumnya kamu bisa mengubah cara sistem operasi beraktivitas melalui modifikasi registry. Untuk itu kamu harus memahami struktur windows registry, perilaku aplikasi, sistem operasi komponen lain yang terlibat seperti data, dan ragam aktifitas.
Ilustrasi Artikel - Referensi pihak ketiga (Sumber: http://cdn.techgyd.com/re-2.jpg)
Sebelum lebih jauh mengulas informasi yang ada pada registry, kita lihat pengertian yang mendasar dari Registry itu sendiri. Registry merupakan konfigurasi sistem yang substansial dan merupakan single logical data store, pada dasarnya dibagi kedalam tiga database yang terpisah dialokasikan untuk menangani user, system and pengaturan jaringan(network policies).
Berdasarkan apa yang dikatakan The Microsoft Computer Dictionary, Fifth Edition, registry adalah  ‘pusat’ database hirarkikal yang digunakan pada Microsoft Windows 9x, Windows CE, Windows NT, and Windows 2000, (juga sistem operasi Windows lainnya) untuk menyimpan informasi penting dalam mengkonfigurasi sistem yang melibatkan user, aplikasi/software dan hardware. Berdasarkan pernyataan diatas, Microsoft memang menggunakan registry sebagai  metode menyimpan informasi yang berhubungan dengan Sistem Operasi.
Registry terdiri dari tujuh root key  atau hives. Dapat kamu lihat pada gambar, bahwa key tersebut diawali dengan kata “HKEY” (Handle to a Key), dari key yang ada hanya dua saja yang dikatakan sebagai registry yang sebenarnya, yang lainnya hanyalah pengembangan yang merupakan shortcuts yang mengacu pada dua hives Ini.
Info Recently Used pun terorganisasi dalam registry (Pemilik hak cipta: Ferisulianta
Untuk mengakses registry, kamu dapat mengetikkan kata Regedit pada command run yang disediakan windows. Perhatikan lebih lanjut, kamu akan melihat pengorganisasian registry hirarkikal dan secara garis besar dibagi kedalam empat bagian utama.
Sewaktu mengakses registry, perhatikan pembagian yang menjelaskan konten masing – masing kolomnya.
Registry Editor - Terlihat Konten dari Root Key (Hives) Pemilik hak cipta: Ferisulianta
Tujuh Key dalam registry ditampilkan dan dijelaskan sebagai berikut :
  1. HKEY_USERS: Berisi informasi mengenai user , mencakup pula  generic user. Informasi yang disimpan pada hive ini antara lain : konfigurasi aplikasi, dan visual settings.
  2. HKEY_LOCAL_MACHINE: Hive yang terdiri dari informasi spesifik komputer yang berhubungan langsung dengan  sistem operasi, misalnya :daftar drive yang di gunakan, perangkat keras yang terintegrasi dan konfigurasi dasar berkenaan aplikasi yang diinstalasi
  3. HKEY_CLASSES_ROOT: Informasinya tergolong sama dengan Reg.dat. Berisis detail lebih jauh berkenaan aturan drag-and-drop, shortcuts dan informasi user interface. HKEY_CLASSES_ROOT merupakan alias dari HKLM\Software\Classes
  4. HKEY_CURRENT_USER: Key ini berisi informasi spesifik user yang diciptakan sewaktu user login ke sistem dan dibangun pada awalnya dengan informasi yang umum  pada key HKEY_USERS. Key ini merupakan nama lain dari  user-specific branch pada HKEY_USERS yang berisi konfigurasi data untuk  user yang sedang login. Pada dasarnya informasi umum yang diaplikasikan pada user adalah: HKU\.DEFAULT
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG: Key ini menyimpan informasi mengenai konfigurasi sistem saat ini, yang merupakan nama lain dari :  HKLM\Config\profile (konfigurasi hardware saat ini)
  6. HKEY_DYN_DATA: Berisi status dinamis informasi untuk perangkat/ devices yang menggunakan arsitektur plug-and-play. Misalnya saja sewaktu mem- plug in USB Flash Disk Drive. 
  7. HKEY_PERFORMANCE_DATA: Key ini menyediakan dukungan untuk sistem monitoring didasarkan pada kernel windows NT.
Perhatikan tabel berikut berkenaan Root Key dan singkatan untuk nama registry:
Tabel ROOT KEY (Hives) Pemilik hak cipta: Ferisulianta
File registry umumnya disimpan pada lokasi yang berbeda, bergantung pada sistem operasi windows yang digunakan, misalnya saja :
  • S.O windows 3.x pada c:\windows\reg.dat
  • S.O Windows 98 pada c:\windows
  • S.O Windows NT pada c:\winnt\system32\config
  • S. O Windows XP pada c:\windows\system32\config
Nah, itu kurang lebih struktur registry sistem windows kamu, hati-hati ya jangan sekali-kali memodifikasi secara sembarangan, bisa-bisa sistem operasi kamu tidak lagi bisa dijalankan.