Ini Loh Asal Usul Terarium - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 30, 2017

Ini Loh Asal Usul Terarium



[Feri Sulianta] Terarium atau dalam bahasa Inggris ditulis  “Terrarium”, adalah kontainer tembus pandang untuk bercocok tanam, dan cara ini sudah dilakukan lama berselang, kurang lebih 2500 SM di Yunani.
 
Contoh Terarium
Dipercaya bahwa Terarium modern yang hingga kita kenal saat ini ditemukan di Ingris (New England), kala itu para ibu rumah tangga menanam squawberry di mangkuk kaca.
Bertanam dalam botol kaca sudah dilakukan jauh sebelumnya tanpa sengaja, yakni kala itu  Dr. N. B. Berniat mempelajari ngengat jenis Sphinx, dengan menaruh kepompong ngengat dalam kontainer tertutup yang berisi tanah basah dan menutup rapat kontainer tersebut.


Dr. Nathaniel Bagshaw Ward

Perhatiannya justru tertuju pada tanaman paku-pakuan dan beberapa jenis rerumputan yang tumbuh seminggu setelahnya. Ia pun memngamati bahwa kelembaban yang tetap terjaga dalam kontainer menyebabkan bertumbuhnya tanaman. Temuannya ini banyak ditiru dan digunakan untuk mengirimkan tanaman antar benua kala itu.

Dr. N. B. Ward mengkondisikan wadah kaca tertutup rapat pada tahun 1829 yang dikenal dengan Kotak Wardian

Terarium yang dikenal sekarang  menjadi kombinasi dari terarium masa awal, dan umumnya kita definisikan sebagai kontainer kaca atau plastik transparan yang dipenuhi dengan macam tanaman-tanaman kecil, beberapa dibiarkan tertutup, meskipun kebanyakan Terarium tetap bersentuhan dengan udara luar.

Buku Yang membahas secara ringkas dan efektif bisa didapat di sini

Post Top Ad

Responsive Ads Here