Gini Cara Beli Smartphone Berkas Supaya Gak Ketipu - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, February 16, 2018

Gini Cara Beli Smartphone Berkas Supaya Gak Ketipu


[Feri Sulianta] Mau beli handphone flagship tapi dana terbatas? Kenapa ga beli yang bekas aja? Khawatir ada masalah? Bingung harus ngeceknya dari mana? Tips dibawah ini bisa bantu kamu untuk dapat handphone bekas tapi dengan kualitas yang bagus lho. Yuk simak tips dibawah ini ya.
Referensi pihak ketiga: http://www.hackingnews.com/technology/second-hand-smartphones-a-market-of-17-billion/
1.       Casing
Setuju ga sih kalo casing yang mulus itu salah satu tanda kalo handphone yang mau dibeli masih dalam kondisi baik? Coba deh kamu bayangin, kalo casingnya aja sudah banyak penyoknya (dent) ditambah banyak goresan di layarnya, kira kira handphonenya abis diapain tuh ya?
So, pastikan casing dari handphone yang mau kamu beli itu masih dalam keadain baik, tidak penyok (no dent) ataupun pecah-pecah.
Smartphone pecah -  Referensi pihak ketiga
2.       Baterai & usb port
Kamu pasti ga mau kan beli handphone bekas tapi kemana mana harus bawa powerbank? Atau lebih parahnya cari colokan (read : fakir colokan). Nah sewaktu kamu beli handphone itu baik di toko ataupun perorangan, coba untuk pakai handphone itu. Kalau perlu charge di tempat, pastikan baterai dapat terisi dengan baik, kemudian pakai dalam rentang waktu 1-2 jam. Pakai untuk browsingan, nonton, main game, atau yang lainnya. Nah kalau dalam waktu itu saja baterainya sudah habis dan harus di charge lagi, hmmmm sepertinya sih kamu layak untuk cari yang lebih baik lagi. Jangan ragu untuk membatalkan pembelian jika memang kamu tidak puas akan kinerja baterai handphone tersebut.
3.       Kartu Memori & Sim card Slot
Sewaktu membeli handphone, usahakan kamu membawa kartu memori dan kartu sim dari operator yang kamu gunakan ya. Pastikan semuanya sesuai dengan spesifikasi awal, apakah handphone tersebut mendukung jaringan 4G LTE atau hanya 3G HSDPA dan WCDMA.
Ini bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli handphone, karena kamu pasti ga mau kan beli handphone yang sudah ketinggalan dari tekonologi pada umumnya.
4.       Camera
Hampir semua handphone saat ini sudah memiliki kamera. Untuk memeriksa bagian ini sangat mudah, cobalah buka menu kamera dan cobalah untuk mengambil gambar ataupun video.
Referensi pihak ketiga
Sewaktu mengambil gambar, pastikan tidak ada warna warna lain pada hasil foto kamu. Ga mau kan nanti kalo kamu selfie terus ada warna hitam hitamnya, atau bahkan warna hijaunya? Jadi jangan malu ya untuk ambil foto sewaktu membeli handphone second.
5.       Microphone, Audio Jack, speaker, dan earphone
Cobalah untuk menelepon seseorang untuk berbicara dan dengarkan kualitas suara sewaktu kamu menelepon. Apakah suaranya jelas dan tidak bising? Atau justru terdengar suara suara lain yang pastinya akan mengganggu kamu sewaktu berbicara lewat telepon.
Referensi pihak ketiga
Jika handphone second yang kamu beli tidak dilengkapi dengan earphone, cobalah untuk membawanya sendiri, ataupun pinjam dari penjual. Pastikan lubang earphone tidak mengalami kendala dan berfungsi dengan baik.
Coba juga memainkan music atau video dan dengarkan kualitas dari speaker handphonenya. Jika lubang speakernya terdapat di sisi kanan dan kiri, pastikan kedua duanya bekerja dengan baik. Tutup salah satu sisi dan dengarkan sisi lainnya.
Referensi pihak ketiga
6.       Layar LCD
Periksalah layar yang ada pada handphone yang akan kamu beli, pastikan tidak ada noda ataupun bercak yang muncul di layar. Untuk memeriksa bagian ini, silahkan baca bagian 2 dari artikel ini, karena akan dikupas lebih detil dan bisa bantu kamu untuk dapat handphone second yang benar benar berkualitas, dengan cara memeriksa layar handphone.
7.       Reset & Unduh Aplikasi
Jangan ragu untuk bertanya atau meminta izin kepada penjual untuk melakukan pengaturan ulang pabrik (factory reset). Pastikan proses ini berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan. Kemudian, jika handphone yang ingin kamu beli menggunakan android sebagai sistem operasinya, cobalah untuk membuka playstore dan mengunduh beberapa aplikasi. Jika aplikasi dapat diunduh dengan baik dan dapat terpasang, maka artinya handphone tersebut dapat digunakan dengan baik.
Untuk kamu yang membeli iphone, cobalah untuk mengunduh aplikasi lewat Appstore, dan pastikan juga apple id kamu dapat digunakan di Appstore resmi milik Apple.
Nah sekian tipsnya, semoga kamu bisa mencari handphone second dengan harga yang terjangkau, juga memiliki kualitas yang baik ya. Silahkan baca bagian kedua dari artikel ini untuk dapatkan tips yang lebih professional sewaktu membeli handphone bekas.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here