tersebut akan dikirimkan melalui internet.
Pada awalnya, Carrier IQ , perusahaan yang berdiri pada tahun 2005 menanamkan perangkat lunak ini dengan tujuan untuk meningkatkan
kualitas pelanggan, akan tetapi penggunaannya tidak didasari oleh undang-undang yang berlaku serta tanpa izin dari pengguna ponsel. Hal ini lah yang menyebabkan Carrier IQ menjadi kontroversi.
Kegiatan illegal yang dilakukan oleh Carrier IQ pertama kali ditemukan oleh Trevor Eckhart. Beliau meneliti tentang Carrier IQ ini karena curiga terhadap aplikasi tersebut. Memang awalnya, Carrier IQ menyatakan bahwa perangkat lunak ini tidak merekam key-stroke (kegiatan keyboard), akan tetapi Trevor Eckhart berhasil membuktikan bahwa Carrier IQ ini ternyata merekam key-stroke pada ponsel HTC.
Berasarkan berbagai sumber, ada sekitar 140 juta ponsel yang ada didunia ini ditanam perangkat lunak Carrier IQ. Carrier IQ ini diduga
bekerja sama dengan berbagai perusahaan ponsel terkenal seperti NOKIA, RIM, SAMSUNG, HTC, Apple Dan perusahaan ponsel besar lainnya. Akan tetapi perusahaan tersebut membantah telah bekerja sama dengan Carrier IQ.
Untuk mendeteksi apakah perangkat lunak Carrier IQ ini ada di dalam ponsel Android Anda, play store menyediakan aplikasi-aplikasi gratis untuk itu. Salah satu aplikasi tersebut bernama “Carrier IQ Detector”.
Sumber: Dok. pribadi
Penggunaan aplikasi tersebut sangatlah mudah. Setelah diinstall kedalam ponsel android, segera buka aplikasi Carrier IQ Detector.
Gambar dibawah ini menunjukan ada atau tidaknya Carrier IQ di dalam ponsel.
Perangkat yang tidak disusupi IQ Carrier Sumber: Dok. pribadi
Perangkat yang disusupi IQ Carrier Sumber: Dok. pribadi
Relay Resources