https://cdn-images-1.medium.com/max/736/1*JiyK-qZ9PUVGfOzXXb_jaA.jpeg

Laki-laki memilih warna biru dibandingkan warna merah muda demikian pula bagi wanita yang memilih warna merah muda dibandingkan warna biru, yang kemudian diterima secara luas bahwa merah muda merefleksikan sifat feminin dari wanita dan biru merefleksikan sifat maskulin pria.
Dasar pemilihan warna ini terungkap melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Neuroscientist, Anya C. Hurlbert dan Yazhu Ling dari Newcastle University, dalam risetnya yang berjudul: Biological components of sex differences in color preference, yang mengungkapkan bahwasannya pilihan terhadap warna terpaut secara genetik dan bukan hanya sekedar aspek kebudayaan.

Hasil eksperimen membuktikan bahwa pada dasarnya secara genetika, laki-laki lebih memilih warna biru sedangkan wanita memilih warna merah muda yakni spektrum warna kemerahan yang menjauh dari warna biru, juga wanita cenderung memilih warna-warna tersier nan lembut, sebaliknya dari warna primer atau sekunder.

Pilihan seseorang terhadap warna bisa saja berubah jika ada warna-warna lain yang dipadankan, misalnya jika warna biru diperbandingkan dengan warna lain yakni hitam, secara umum laki-laki akan memilih warna hitam dibanding warna biru, yang kemudian direpresentasikan belakangan untuk menegaskan identitas gender maskulinnya.

Sumber: Awaken The Giant - Revolusi Sosial Dunia. Feri Sulianta. Leutika. Yogyakarta. 2017.