[Feri Sulianta]  Seorang user mendapati komputernya mengalami restart dan menampilkan pesan ‘kerusakan pada windows kernel’. Sewaktu komputer dinyalakan beberapa saat komputer mulai meload sistem operasi tetapi beberapa saat layar menampilkan blue screen yang menginformasikan bahwa terjadi kerusakan dari sistem operasi.
Ilustrasi aksi membahayakan komputer
 User tersebuut menyatakan bahwa tampaknya komputer terkena virus karena beberapa bulan yang lalu komputernya pun kerap kali terkena virus dan harus di install ulang. Staf IT mengambil komputer tersebut untuk diinstall ulang, dan hampir saja diinstall ulang.
Tetapi berdasarkan saran dari IT manajer, komputer tersebut dilakukan cek menyeluruh, dan tidak didapati virus bahkan komputer baik-baik saja. Kondisi ini dilakukan setelah komputer tidak lagi terkoneksi ke jaringan komputer.
Mekanisme POD - Referensi: http://www.ids-sax2.com/articles/images/ping-of-death.jpg
Setelah dilakukan penyelidikan, ada komputer tertentu yang berada di jaringan dengan sistem operasi Linux yang sengaja melakukan aksi ping untuk mengganggu komputer user yang bersangkutan, yakni dengan mengirimkan sejumlah paket non fragmentasi berukuran besar sehingga komputer yang dikenai aksi ping tersebut kewalahan menangani datangnya paket yang dikirimkan via jaringan. Hal ini adalah serangan komputer yang disebut dengan nama 'PING OF DEATH' atau POD
Linsting ping relatif sederhana seperti tertera pada perintah berikut (catatan: Alamat IP 192.168.1.10 adalah IP Address komputer korban pada jaringan):
$ sudo ping -f -s 65500 192.168.1.10
Sintaks pada umumnya adalah:

ping [-t] [-a] [-n count] [-l size] [-f] [-i TTL] [-v TOS]

        [-r count] [-s count] [[-j host-list] | [-k host-list]]

        [-w timeout] [-R] [-S srcaddr] [-4] [-6] target_name


Singkatnya, perintah di atas ini akan mengirimkan sejumlah paket besar pada komputer tertentu secara terus menerus melewati portal jaringan komputer. Aksi ini akan membuat sistem operasi kolaps dan komputer pun akan restart terus menerus sampai aksi PING of DEATH dihentikan.
Sebenarnya perintah PING ini ditujukan untuk mengetest kondisi jaringan komputer, konektivitas komputer yang terintegrasi ke jaringan, dan memastikan kelayakan instalasi jaringan komputer.
Nah guys, jangan iseng ya kalau kamu terkoneksi ke jaringan komputer, apalagi menggangu user lain. Lebih baik melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dengan komputer kamu saja.