[Feri Sulianta] Kalibrasi memaksudkan perbandingan ukuran yang sudah dipastikan kebenarannya dan dijadikan acuan untuk mengukur ‘suatu besaran’ pada perangkat. Perangkat yang dijadikan acuan disebut ‘perangkat terstandarisasi’ sedangkan perangkat yang diukur atau ditest merupakan perangkat yang dikalibrasi.
Referensi pihak ketiga - Ilustrasi Kalibrasi [sumber:https://static.bhphotovideo.com/explora/sites/default/files/u_X-Rite-ColorMunki-Display1.jpg]
Kali ini kita akan mencoba prosesi kalibrasi monitor, tujuannya untuk mengimplementasikan standar pada monitor berdasarkan alat ukur yang dijadikan acuan, dengan demikian tayangan yang dilihat di layar akan ditampilkan apa adanya sesuai dengan nilai pixel warna pada file image. Tanpa kalibrasi, sebagus apapun image akan terlihat berbeda dengan kondisi file gambar yang sebenarnya, mungkin sedikit lebih merah, lebih gelap atau lebih redup.
Catatan: Tidak ada jadwal pasti kapan monitor hendaknya dikalibrasi, penjadwalan kalibrasi setiap minggu atau dua minggu sekali amat disarankan terlebih lagi jika sering bekerja dengan monitor yang melibatkan image digital. Lakukan kalibrasi dan inspeksi dengan jarak 50 – 100 cm dari layar monitor.
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum proses kalibrasi yaitu: memastikan tampilan monitor menggunaan resolusi standar. Menggunakan pengaturan resolusi standar akan memperjelas image, teks, warna juga ketajaman.
Untuk memilih resolusi standar bawaan monitor, pilih Start> Control Panel> Display> Adjust Resolution. Lalu, pilih resolusi yang direkomendasikan sistem Windows.
Pemilik hak cipta: Ferisulianta [Memilih resolusi standar yang direkomendasikan sistem operasi]
Selanjutnya, lakukan pengaturan penggunaan warna pada monitor dan pilih modus warna True Color(24-bit), modus ini mampu menyajikan lebih dari 16 juta variasi warna. Untuk mengaksesnya, klik Advaced Setting untuk menampilkan properti monitor.
Pemilik hak cipta: Ferisulianta [Pageframe monitor> Colors> True Color (32bit)> Ok]
Hingga tahap ini, monitor sudah siap untuk dikalibrasi. Salah satu tool yang dapat digunakan untuk kalibrasi yakni: Windows Display Color Calibration merupakan utilitas bawaan Windows untuk kalibrasi monitor, yang umumnya digunakan jika kamu tidak memiliki utilitas kalibrasi lainnya.
Kita akan mencoba prosedur kalibrasi utilitas ini.Untuk mengakses aplikasi ini ketikkan pada text box search windows ‘DCCW’ dan mengeksekusinya. Ikuti saja langkah-langkah panduannya.
Pemilik hak cipta: Ferisulianta [Mengetikkan ‘DCCW’ pada text box search aplikasi dan tekan enter]
Pemilik hak cipta: Ferisulianta [Salah satu langkah dalam kalibrasi, yakni Gambar yang berada di tengah mencontohkan tingkat kontras yang baik> Next]
Setelah proses kalibrasi dan penagturan ketajaman teks, secara otomatis akan terbentuk profil baru yang terelasi dengan monitor. Monitor kamu sudah dikalibrasi dan memiliki standar terbaiknya kembali, sekarang jadi lebih nyaman kan bekerja di depan monitor kamu.