Asiknya Internet Marketing - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, February 1, 2018

Asiknya Internet Marketing

[DJ] Berbicara mengenai marketing memang tiada ada habisnya, sebab marketing sendiri memiliki hubungan erat dengan teknik menjual.  Banyak orang berpikir bahwa menjual itu hanya untuk produk saja, sebenarnya cakupannya luas, bisa juga untuk jasa dan keahlian. Setiap perusahaan atau instansi tentu memiliki yang namanya marketing, bahkan memiliki divisi khusus di bidang marketing yang terdiri dari beberapa staff. Tugas menjadi seorang marketing memang tidak mudah, maka dari itu banyak perusahaan mencari karyawan marketing yang memang memiliki pengalaman atau cakap di bidang tersebut. Perusahaan besar sekalipun bisa sukses dan terus menjalankan roda bisnisnya karena adanya seorang marketing. Tidak heran, jika seorang marketing terkadang diberi ‘perlakuan’ dan fasilitas khusus untuk memudahkan kerjanya. 

Ilustrasi Internet Marketing (Sumber:http://www.fivetechnology.com/files/pluginfiles/item_6/field_294/Internet-Marketing-Whiteboard_reg.jpg)
Menjadi seorang marketing tentu saja tidak hanya di butuhkan keahlian dalam public speaking atau komunikasi, tetapi juga harus ‘smart’. Artinya, menjadi seorang marketing yang memiliki perbendaharaan, baik perbendaraan pengetahuan produk atau jasa yang di tawarkan dan juga perbendaharaan pengetahuan umum lainnya. Penampilan juga terkadang bisa membantu dalam upaya menjaring klien.

Keberhasilan marketing untuk mendapatkan klien  dan menjual produk dengan nilai yang fantastis, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi perusahaan, tidak heran jika perusahaan memberikan bonus berlimpah, termasuk juga bonus wisata ke luar negeri. Namun jangan salah, gak semua kondisinya seperti itu, tatkala kita bekerja tidak memenuhi target dan gagal menjaring klien yang potensial. Bos Anda tentu akan memberikan teguran kepada Anda, dengan segala wejangan-wejangannya. Marketing yang berprestasi, biasanya akan di promosikan jabatannya supaya naik, misalnya saja dijadikan marketing manager. Begitulah yang namanya marketing, ada suka dan dukanya.

Seorang marketing yang ‘cerdas’, biasanya memiliki strategi-strategi cemerlang untuk terobosan pemasaran selanjutnya. Jika cara yang pernah di terapakan sudah tidak mempan, maka hendaknya  di perbaiki, bahkan bisa saja tidak digunakan lagi dan di ganti dengan yang baru. Untuk itu, perlu di sesuikan dengan keinginan pasar. Buat strategi pemasaran yang memang benar-benar unik, sehingga bisa membuat calon klient tertarik dengan apa yang kita pasarkan.

 Mengenal Internet Marketing

Kita patut bersyukur karena kita berada di zaman modern, dimana segala sesuatu bisa kita dapatkan dengan mudah. Selain itu, kita dimudahkan juga dengan adanya akses internet, yang bisa di akses dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya internet juga tumbuh berbagai macam lapangan pekerjaan yang beragam, sehingga bisa mengurangi pengangguran di setiap negara. Contoh nyata adalah adanya jasa penyedia internet (ISP) yang tentunya membutuhkan banyak karyawan yang akan di tempatkan di berbagai bidang.
Kehadiran internet di ramaikan juga dengan tumbuhnya situs-situs baru yang memiliki kontent dan ‘kemasan’ yang beragam. Hal ini juga menciptakan lapangan pekerjaan baru, seperti web design, web programmer, web administrator dan masih banyak lagi. Profesi lain yang tumbuh dengan adanya internet adalah internet marketing. Apa itu internet marketing?  Internet marketing adalah sebuh teknik pemasaran produk atau jasa melalui internet. Internet marketing sering kali di sebut juga sebagai i-marketing, e-marketing, dan web marketing.
Internet marketing freelance, bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang menyenangkan, sekaligus juga menguntungkan. Banyak diantara yang sudah sukses dengan menjadi internet marketing, ada yang sudah memiliki rumah, kendaraan, wisata ke luar negeri dan masih banyak lagi. Beberapa diantara yang terbiasa menjadi marketing offline, akhirnya beralih menjadi marketing online. Bahkan, ada juga yang rela resign dari kantor tempat bekerja untuk menjadi seorang internet marketing.

Mengapa Internet Marketing Sangat Diminati

Tentu ada beberapapa alasan mengapa profesi internet marketing sangat dimnati, berikut ini penulis jabarkan beberapa alasannya:

Tidak Harus Memiliki Produk Sendiri 

Untuk menjadi seorang internet marketing freelance tentu tidak harus memiliki produk sendiri, menawarkan produk milik orang lain juga tidak masalah. Dalam hal ini kita bisa saja menjadi reseller untuk produk yang mereka jual, mengikuti program affiliasi, dan menjadi member untuk produk mereka. Misalnya saja Anda menjadi member untuk produk pulsa, alat kesehatan atau mungkin e-Book. Keuntungan yang akan di dapat biasanya bervareasi, tergantung dari banyak produk yang Anda jual, berapa banyak member yang mendaftar dengan referral Anda,  dan aturan lain yang mungkin sudah di tentukan.Dengan tidak memiliki produk sendiri, maka resiko yang di timbulkn juga akan kecil, sebab Anda tidak bertanggung jawab secara penuh untuk produk yang di jual.

Modal yang Kecil 

Menjadi internet marketing juga tidak membutuhkan modal yang besar, sebab produk yang di jual bukan milik Anda, disini Anda hanya bertugas memasarkannyaa saja, tentunya dengan cara Anda sendiri. Kalaupun ada biaya, biasanya hanya untuk biaya keanggotaan, biaya akses internet dan biaya untuk pembuatan web.
Bahkan sebenarnya, Anda bisa memangkas biaya-biaya lainnya, seperti menggunakan web gratisan. Namun biasanya, pemilik web juga menyediakan sistem web replika, dimana web yang dimiliki hampir sama dengan web asli, namun dengan ID yang berbeda. 
  
Tidak bekerja secara full time 

Menjadi internet marketing memiliki waktu kerja yang fleksibel, bisa di atur sendiri. Semua sebenarnya tergantung dari Anda, bisa saja waktu luang di guinakan untuk menjalankan bisnis lainnya. Tentunya, kita tidak terlalu capek juga dalam bekerja, sehingga memiliki banyak waktu untuk keluarga. 

Bisa Memasarkan Produk dan Jasa yang Berbeda 

Ini dia alasn lain kenapa orang ingin menjadi internet marketing freelance, ya tentu saja kita bisa memasarkan produk yang berbeda. Misalnya saja Anda memasarkan produk pulsa dan produk kesehatan, dari dua website yang berbeda. Dengan demikian, kita akan mendapatkan keuntungan ganda dan memiliki relasi yang semakin luas saja. Bisa juga Anda memasarkan produk kesehatan dengan jasa web instant. Intinya, produk yang di pasarkan sesuai keinginan Anda.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here