[Feri SuliantaTaukah kamu, 'BOT' yang adalah salah satu program yang mengganggu atau bahkan berbahaya dibuat untuk secara otomatis guna melakukan proses tertentu. Memang banyak bot dibuat untuk tujuan yang relatif tidak berbahaya (semisal: game online, lelang internet, kontes online, dsb), tapi tidak jarang 'BOT' dibuat untuk tindak kejahatan.
Captcha

Nah, Bot kerap kali dirancang sedemikian rupa dan terdiri dari kumpulan komputer yang akan dikendalikan oleh hacker untuk serangan Distributed Denial of Service (DDos) yang adalah salah satu jenis serangan Denial of Service yang menggunakan banyak komputer untuk melancarkan penyerang seperti spambots pada iklan di situs web, spider web yang menjelajah data di server tertentu, atau bahkan menyebarkan malware dengan umpan pencarian populer di situs download.
Dalam hal ini, situs web membuat pertahanan dari serangan atau aktivitas BOT dengan tes CAPTCHA yang akan memverifikasi siappun yang mengakses suatu website. Melalui tes CAPTCHA akan diketahui, apakah pengakses adalah manusia atau BOT, jika manusia, maka sewaktu berhasil melewati tes CAPTHA, maka orang yang bersangkutan dapat mengakses konten web, tapi jika bukan manusia, dan gagal menjawab tantangan CAPTCHA, maka dia akan tertahan dan tidak bisa mendapatkan akses pada situs web.
Pemilik hak cipta
Nah, begitu loh kenapa sekarang banyak CAPTCHA. meskipun menjengkelkan, tetapi CAPTCHA bermanfaat untuk menjaga aktivitas akses website loh.

Klik untuk mengakses Berita Teknologi menarik lainnya