[Feri Sulianta] Belajar SEO atau Search Engine Optimization tidak mudah, butuh ketekunan dan praktek, tapi singkat kata, ada hal-hal yang perlu Kamu lakukan dalam memastikan apakah teknik SEO yang Kamu gunakan sudah tepat atau belum, hal ini akan mendongkrak popularitas konten atau website Kamu di Internet.
Referensi: https://www.seotuners.com/wp-content/uploads/2017/04/SEO-Strategy.png
Untuk memastikan apa saja yang sudah dilakukan, berikut daftar yang dapat di ‘check list’, beberapa menyertakan hal-hal teknis yang mungkin tidak Anda lakukan sebelumnya:
  • Anda harus punya blog untuk membangun konten.
  • Konten harus memiliki beberapa nilai seperti: memiliki manfaat praktis, menyajikan solusi, mengedukasi, detail, menghibur dan mengandung kebaruan informasi.
  • Apakah konten mudah dibaca, dengan ukuran dan jenis serta warna font, warna latar belakang, ukuran kolom serta jarak antara kalimat dan baris nyaman bagi pembacanya?
  • Tidak menyadur atau mengambil koten milik orang lain, dengan kata lain: ‘konten harus original’.
  • Selalu menyertakan konten gambar atau video bahkan audio pada konten tulisan. Teks saja tidak cukup untuk menuai popularitas.
  • Apakah sudah memiliki video pada website? Suatu kelebihan bagi yang memiliki konten video, pada umumnya orang-orang hanya mengandalkan konten gambar atau teks. Memiliki konten video menjadi keunggulan tersendiri karena konten Anda sudah unggul dari koten lain yang tidak mengandung konten Video.
  • Apakah rajin membuat konten baru setiap harinya? Google menyukai website yang aktif, penambahan konten baru akan membuat Google mengindeks kembali informasi perihal website Anda, dari hal inilah website bisa bertumbuh.
  • Apakah menggunakan judul, meta data, menggunakan deskripsi, kata kunci? Meta tag berperan dalam memberikan informasi pada mesin pencari perihal karakteristik website atau blog yang Anda miliki.
Contoh script html meta yang menjelaskan karakteristik website atau blog secara umum:
<meta content= 'tulisan_anda_perihal_deskripsi_konten' name='description'/>
<meta content= 'kata-kata_kunci_pada_situs_web' name='keywords'/>
<meta content=  'nama_anda_sebagai_pemilik_situs name='author'/>
Contoh implementasi meta pada antarmuka grafis yang bisa diakses pada blogspot:
Pemilik hak cipta
Tunggu tip dan trik belajar SEO lainnya ya :)