[Feri Sulianta] Sebelum benar-benar menjalan makro, terlebih dahulu kamu harus mengaktivasi macro. Excel mendis-able macro secara default dikarenakan fitur makro mudah dimanfaatkan dan ditumpangi virus atau dikenal dengan virus macro.
Ilustrasi Virus Komputer
 Ada banyak virus makro yang mengesploitasi keberadaan si macro ini dalam paket program aplikasi. Biasanya fitur makro di nonaktifkan untuk membatasi aksi virus sewaktu membuka program-program berbasiskan paket office.
Berdasarkan info symantec.com berikut virus-virus macro, (keterangan : [WM] Word Macro – Virus Macro berbasiskan Microsoft Word dan [XM] Excel Macro – Virus Macro berbasiskan Microsoft Excel) :
  • Virus Macro Word : MicWM.Alien, WM.Alliance, WM.Atom.A, WM.Atom.B, WM.Bandung, WM.BigDaddy, WM.Boom:De, WM.Colors, WM.Colors.B, WM.Colors.C, WM.Concept, WM.Concept.C, WM.Concept.D, WM.Concept.F, WM.Concept.G, WM.Concept.K, WM.Concept.N, WM.Date, WM.Divina.A, WM.DMV, WM.Doggie, WM.Easy, WM.FormatC, WM.Friendly:De, WM.Guess, WM.Helper, WM.Hot, WM.Imposter, WM.Irish, WM.KillDLL, WM.LBYNJ:De, WM.MDMA, WM.NOP.A:De, WM.NOP.B:De, WM.Npad.A, WM.Nuclear, WM.Nuclear.B, WM.Parasite.A, WM.Polite, WM.Rapi, WM.Reflex, WM.Satanic, WM.Saver:De, WM.ShareFun.A, WM.Spooky:De, WM.Tedious, WM.Wazzu, WM.Wazzu.B, WM.Wazzu.H, WM.Xenisos:De

  • Virus Macro Excel :XM.Delta, XM.Laroux, XM.Sofa
Dikarenakan macro dapat pula berisi virus, berhati-hati sebelum yakin untuk menjalankannya. Untuk mencegah aksi virus macro ini beberapa cara berikut cukup efektif diterapkan, antara lain :
  • Menginstalasi program antivirus
  • Mengatur level macro security pada posisi high
  • Jangan centang seutuhnya ‘Trust all installed add-ins and templates’
  • Menggunakan digital signature
  • Memeriksa daftar trusted publishers
Perhatikan beberapa langkah-langkah berikut untuk mengkondisikan macro dan menggunakannya :
Setting macro security level dan digital signature dapat dilakukan dengan mengakses Macro Security. Pilih tingkat sekuritas yang ingin digunakan.
Setting Macro ini terdiri dari empat pilihan sebagai berikut :
  • Disable all macros without notification – Penganturan ini akan mendisable macro. Hanya saja macro yang justru tidak berbahaya ikut dinonaktifkan.
  • Disable all macros with notification – Opsi ini adalah default setting. Secara otomatis macro di-disable, tetapi sewaktu ada file yang didapati mengandung macro , kamu akan dihadapkan dengan pilihan untuk meng-enable macro dan menjalankannya.
  • Disable all macros except digitally signed macros – Opsi ini serupa dengan opsi default, hanya saja digitally signed macros akan di aktifkan jika tergolong kategori Trusted Publisher.
  • Enable all macros – Semua macro akan di aktifkan, dengan mengaktifkan modus ini, komputer lebih rentan untuk disusupi program macro yang berbahaya. Opsi ini sangat tidak disarankan.
Bentuk pengaman lain terhadap program malicious macro (makro berbahaya)  adalah dengan mendaftarkannya pada Trusted Publishers. Jadi jika kamu membuka workbook yang mengandung digital signature yang tidak masuk daftar  Trusted Publishers, maka Excel akan menampilkan peringatan dan juga detail digital signature yang dimaksud.
Dialog Trust Center

Klik untuk mengakses Berita Teknologi menarik lainnya