Apa Sih Men's Movement itu? - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, January 8, 2018

Apa Sih Men's Movement itu?


Men’s Movement  atau koalisi laki-laki yang memperjuangkan hak-hak kaum pria, merupakan organisasi yang terdiri dari orang-orang yang peduli berbagai masalah dan kepentingan pria dan juga gender. Berbagai organisasi yang termasuk ke dalam men’s movement diantaranya: men's liberation movement, profeminist men's movement, mythopoetic men's movement, men's rights movement, dan the Christian men's movement.


Komunitas ini muncul di akhir 1960-an dan 1970-an di negara Barat, sejalan dengan gerakan perempuan dan feminisme. Komunitas ini mengalamati bahwa pria termarjinalkan seiring perkembangan jaman dan juga mengamati  aktivis gerakan pria yang bersimpati kepada sudut pandang feminis, mengadopsi dan juga mengikuti pola pikir feminis untuk mendekonstruksi identitas laki-laki dan maskulinitas. Seperti feminis awal yang mengkritik peran jenis kelamin perempuan tradisional, anggota gerakan pembebasan pria  berpendapat bahwa ‘peran’ jenis kelamin pria membatasi dan merusak pria.

Ilustrasi Mens Movement - Sumber: https://static.tumblr.com/d2fd86e6c9f650103dda7da5ecce4097/wzmsauu/Xt4n4ee6h/tumblr_static_dzrsauadkvcokcww40wkw040.jpg

Sedangkan seiring berkembangnya pemikiran dan dampak sosial, pertengahan sampai akhir 1970-an, gerakan pembebasan pria (men’s movement atau men’s liberation) telah dibagi menjadi dua kubu terpisah dengan pandangan yang bertentangan, yakni gerakan pria profeminis dan gerakan hak-hak orang-orang anti feminis. Bagi kelompok anti feminis, mereka menyadari bahwa feminisme memberikan pengaruh yang merusak bagi kepribadian dan kehidupan pria.

Sedangkan, The Men's Rights Movement (MRM) pada dasarnya adalah percabangan dari gerakan pembebasan pria (the men's liberation movement) di pertengahan sampai akhir 1970-an. Hal ini difokuskan secara khusus pada isu-isu diskriminasi yang dirasakan dan ketidaksetaraan  yang dihadapi oleh laki-laki. MRM telah terlibat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan hukum (termasuk hukum keluarga, orangtua, reproduksi dan kekerasan dalam rumah tangga), pelayanan pemerintah (termasuk pendidikan, militer dan jaringan pengaman sosial, serta kesehatan).  Father’s Movement (Gerakan hak-hak para ayah) adalah bagian dari gerakan Men’s Right Movements (hak-hak laki-laki). Organisasi ini memberikan atensi pada isu-isu yang berkaitan dengan hukum keluarga, termasuk hak asuh anak dan tunjangan anak yang mempengaruhi ayah dan anak-anak mereka. Aktivis terkemuka seperti  Warren Farrell, Herb Goldberg, Richard Doyle, Asa Baber, dan  Glenn Sacks adalah aktivis hak-hak ayah .

Beberapa cendekiawan menganggap gerakan Men’s Right Movement adalah gerakan untuk memberikan pukulan balik terhadap feminisme. Men’s Right Movement mengklaim bahwa pria memiliki kekuatan yang lebih besar, hak istimewa atau keuntungan daripada wanita dan berpendapat bahwa feminisme modern telah bertindak terlalu jauh dan telah merugikan hak-hak laki-laki.
Protes dan gerakan yang berhubungan dengan Men’s Right Movement  ini telah dikritik oleh beberapa sarjana, dan komentator. Beberapa sektor gerakan ini digambarkan sebagai misoginis.


Men's rights groups (Kelompok hak asasi pria) umumnya menolak gagasan bahwa feminisme tertarik pada masalah laki-laki, dan aktivis men's rights ini telah melihat gerakan perempuan sebagai strategi untuk menyembunyikan diskriminasi terhadap pria.

A Voice for Men (juga dikenal sebagai AVfM, AVFM atau AV4M) adalah organisasi non profit yang berada  di Amerika Serikat, publikasi online ini didirikan pada tahun 2009 oleh Paul Elam. Seorang pendukung gerakan “The men's rights movement” atau “Men's Human Rights Activism", yang mana merupakan website paling berpengaruh dalam memperjuangkan hak-hak laki-laki. Editorialnya sangat anti feminis dan sering menuduh kaum feminis sebagai misandri.

Post Top Ad

Responsive Ads Here