Asal Usul Streetworkout - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, January 17, 2018

Asal Usul Streetworkout

Sebenarnya, asal usul streetworkout muncul dari turunan kegiatan yang dinamakan calisthenics, yang memaksudkan aktivitas fisik yang dilakukan di taman-taman kota atau di ruang publik yang hanya menggunakan fasilitas umum. Jenis kegiatan ini muncul pertama kali di Eropa dan berkembang ke Amerika,  dan digalakkan di kota-kota besar semisal New York yang kemudian merambah keseluruh dunia.
Salah satu gerakan statik move yakni trick plance oleh Danial 
Streetworkout merupakan lifestyle sport yang mengkombinasikan berbagai gerakaan dan aktivitas olahraga seperti melakukan: pull up, chin up, push up, muscle up, sit  up, dips, squats, juga melibatkan serangkaian rutin peregangan. Gerakan-gerakan ini divariasikan dengan ritme aktif dan pasif.
Catatan: Gerak pasif memaksudkan seseorang yang mempertahankan kondisi tubuh statis dengan posisi tertentu yang juga berfungsi untuk melatih otot dan ketahanan tubuh. Sedangkan gerak aktif memaksudkan perubahan gerakan atau posisi tubuh dalam tempo yang singkat.
Pada streetworkout, skema latihan banyak dilakukan dengan menggunakan bar (80%) dalam latihan dari pada grounding (20%).
Salah satu praktisi SWID sedang melakukan atraksi over the bar
Olahraga streetworkout memiliki turunannya yakni: Barhopper dan HardHitter, keduanya merupakan bagian dari streetworkout yang berfokus pada gerakan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi atau unik (bersifat tricky).
-          Barhopper pun memiliki variasi dan turunannya yakni:
o    Dinamic Barhopper: menggunakan gerakan dengan ritme mengayun, misalnya berpindah dari sisi satu ke sisi lain pada bar.
o   Static Barhopper: mempertahankan posisi statis dalam waktu cukup lama, gerakan yang cenderung dilakukan yakni: backlever, frontlever, handstand, plance, human flag, dragon flag, dsb.
-          Hardhitter: variasinya berupa pull up dan push up dengan menggunakan ekstra beban (weighted). Dapat berupa barbel, beban tubuh orang lain maupun jenis beban lainnya.

Tertarik lebih banyak? Bisa beli buku ini:

 Buku Calisthenics
Buku Calisthenics



ISBN: 978-602-371-427-8
Terbit: Juni 2017
Halaman : 122, BW : 120, Warna : 2
Harga: Rp. 35.800,00
Deskripsi:
 
Calisthenics, olahraga abad ini yang cukup mengandalkan berat badan sendiri dengan melakukan gerakan-gerakan interaktif, mampu membentuk tubuh atletis, bahkan Anda dapat mengembangkan massa otot, seperti: otot pada upper body, lower body, juga abdomen.
 
Pegiat olahraga lainnya akan mendapatkan manfaat ekstra dengan mengikuti calisthenics, bahkan mereka yang terbilang malas berolahraga akan terpicu dengan 'asyiknya' ber-calisthenics.
 
Olahraga ini tidak membutuhkan alat khusus sehingga Anda bebas berkreasi dan berekspresi sekaligus melatih gerak psiko-motorik, yakni: melatih keseimbangan, koordinasi sistem saraf dan ketangkasan.
 
Buku ini akan memberikan pengetahuan menyeluruh perihal calisthenics dan membantu Anda bertransformasi untuk mendapatkan tubuh ideal!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here