Calisthenics vs Olahraga Lainnya - FERI SULIANTA

FERI SULIANTA

Feri Sulianta's News Relay Berita terkini seputar edukasi hiburan gaya hidup teknologi kesehatan hobi sosial manzone

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, January 17, 2018

Calisthenics vs Olahraga Lainnya

Calisthenics sebagai sarana entertain penuh atraksi

Semua olahraga memiliki kelebihannya masing-masing, keberadaan calisthenics bukan untuk meniadakan kebutuhan olahraga lainnya, tetapi justru menjadi komplementer yang sempurna karena calisthenics melatih banyak otot dan berbagai gerakan yang umumnya terdapat pada ragam kegiatan olahraga.

Perbedaan mendasar calisthenics dengan olahraga lainnya adalah peralatan yang digunakan, dapat dikatakan bahwa Calisthenics tidak membutuhkan peralatan atau bahkan hanya sedikit peralatan. Ruang publik dan pull up bar sudah lebih dari cukup untuk melakukan olahraga multi manfaat ini.
Beberapa hal yang penting yang harus dipertimbangkan sebelum malakukan calisthenics antara lain:
·         Tempat umum (public area) atau di rumah
·         Pull up bar
·         Matras
·         Sarung tangan
·         Air dan makan sebelum latihan
Keterangan: kebutuhan matras, pull up bar dan sarung tangan sifatnya opsional. Misalnya, di rumah pun Anda bisa melakukan pull up pada palang pintu.
Sarung tangan, berfungsi untuk melindungi permukaan tangan dari ‘kapalan’ ketika melakukan pull-up ataupun untuk melindungi tangan serta meredam tekanan ketika melakukan push up di permukaan tanah yang kasar atau keras.
Gunakan alas kaki atau pakaian yang nyaman, umumnya pakaian yang dikenakan tidak berbeda sewaktu joging atau kegiatan pada gym, karena aktivitas seperti berlari, mengangkat, menarik, mendorong, melompat, dan sejenisnya umum dilakukan.  
Air putih penting peranannya selain untuk mencegah dehidrasi, juga memaksimalkan proses metabolisme tubuh. Selama latihan, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat dan sesegera mungkin cairan yang dikeluarkan melalui keringat digantikan dengan minum air putih. 
Mengingat Calisthenics merupakan kegiatan olahraga yang cukup berat, maka dianjurkan bagi mereka yang hendak mengikuti latihan untuk mengisi perut terlebih dahulu.
Buah-buahan bernutrisi seperti pisang sangat dianjurkan untuk dikombinasikan dengan makanan berat lainnya pada menu makan sebelum latihan. Pisang, merupakan buah-buahan yang memiliki  banyak manfaat untuk menunjang kesiapan untuk melakukan workout. Selain kaya akan vitamin, juga mengandung karbohidrat  dan glukosa yang berfungsi untuk menambah stamina.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Responsive Ads Here